Halaman kosong yang nampak pada Microsoft Word menjadi salah satu pemandangan yang mengganggu. Tidak mengherankan jika banyak orang yang memutuskan untuk menghapus atau menghilangkan halaman kosong tersebut. Munculnya halaman kosong dapat terjadi karena penggunaan page break yang salah. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan halaman kosong pada Microsoft Word 2010, ada baiknya bagi Anda untuk menyimak penjelasan yang tertera di bawah ini.

Cara Menghapus Halaman Kosong di Halaman Pertama Microsoft Word 2010

Penggunaan Microsoft Word 2010 terbilang cukup mudah. Meskipun begitu, perangkat lunak ini juga sering memunculkan beberapa masalah. Menurut NeoTekno, masalah yang sering terjadi pada Microsoft Word 2010 adalah munculnya page break atau halaman kosong yang berlebihan. Pada umumnya, kemunculan halaman kosong terjadi akibat adanya paragraf tambahan. Keberadaan halaman kosong cukup memberikan gangguan pada beberapa pihak. Halaman kosong tersebut dapat merusak format nomor dokumen Word sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna Microsoft Word.

Halaman kosong dapat terjadi pada bagian awal halaman, tengah dan akhir halaman. Jika halaman kosong muncul pada awal halaman, Anda perlu mengklik sisi kanan bawah halaman terlebih dahulu. Setelah itu, pilih tombol backspace atau delete yang tertera pada keyboard. Apabila halaman kosong berada pada bagian akhir dokumen, langkah yang perlu untuk dilakukan adalah dengan menekan tombol Ctrl, End dan Backspace secara bersama-sama.  Cara ini akan membawa Anda menuju akhir halaman dokumen. Setelah berada di akhir halaman, pilih tombol delete pada keyboard.

Pada kasus tertentu, halaman kosong dapat pula muncul pada bagian tengah dokumen. Section break menjadi penyebab munculnya halaman kosong di tengah halaman Word. Cara penghapusan halaman kosong ini cukup mudah dilakukan. Berikut langkah penting yang perlu untuk dilakukan:

  1. Buka dokumen pada Microsoft Word dan pilih Show or Hide Paragraph. Cara lainnya adalah dengan tekan tombol Ctrl, Shift dan 8 secara bersama-sama. Dari fitur ini, Anda dapat menemukan format tertentu yang memudahkan Anda untuk melakukan penghapusan halaman kosong.
  2. Arahkan kursor pada simbol paragraph yang ada pada halaman kosong dan tekan tombol backspace.
  3. Apabila pengaturan paragraph telah kembali, tekan Ctrl, Shift dan angka 8 untuk menghilangkan halaman kosong. Anda dapat pula menekan tombol Show or Hide Paragraph.

Menghapus Halaman Kosong pada Akhir Dokumen

Tidak hanya di awal dan tengah dokumen, halaman kosong dapat pula muncul di bagian akhir dokumen. Apabila Anda mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu merasa resah. Penghapusan halaman kosong di akhir halaman dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Pertama-tama, buka dokumen Word yang Anda miliki terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah dengan pergi menuju tab Home.

Pada grup paragraph, Anda dapat memilih Shos atau Hide dan dilanjutkan dengan menekan Ctrl, Shift dan angka 8 yang tertera pada keyboard. Jika Anda selesai menemukan ketiga tombol tersebut, Anda akan dihadirkan dengan simbol tertentu. Simbol yang muncul memiliki fungsi untuk menunjukkan halaman kosong pada Word. Tekan tombl Ctrl dan tombol End guna menuju akhir halaman Word.

Sorot simbol yang menjelaskan akan halaman kosong dan dilanjutkan dengan mengklik “Delete”. Halaman kosong yang tertera pada akhir halaman akan terhapus dengan sendirinya. Jika diperhatikan dengan seksama akan langkah-langkah menghapus halaman yang kosong, Anda dapat menemukan bahwa langkah yang dijelaskan sangat mudah untuk dilakukan.